CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

sharing is caring ^_^

banner

Rabu, 02 Mei 2012

*** Best Language in the World ***

Bahasa apakah yang merupakan bahasa terbaik di dunia? yup, ga salah lagi, yaitu bahasa Arab.Buktinya Allah SWT berkenan bicara kepada umat manusia dengan bahasa Arab lewat Al-qur'an.Jadi bahsa Arab itu emang spesial banget.
      Nggak heran, kenapa bahasa Arab "terpilih" menjadi bahasa Al-qur'an, sebab bahasa Arab mempunyai kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh bahasa-bahasa lain di dunia.Pakar-pakar bahasa baik barat maupun orang muslim menganggap bahasa Arab sebagai bahasa yang memiliki standar ketinggian dan keelokan linguistik tertinggi yang tiada taranya.
      Kelebihan bahasa Arab yang paling nampak adalah kosa katanya yang melimpah dan kaya.Sedangkan bahasa-bahasa lainnya miskin akan kosakata.Menurut para pakar, kosakata dalam bahasa Arab tercatat sejumlah 25 juta.Bahasa Arab luas dalam kata kerja, asal kata, dan susunan kalimatnya.Contohnya kata sifat "good" dalam bahasa Inggris atau "jayyid"dlam bahsa Arab, dimana keduanya memiliki kesamaan dalam pengucapannya, yang artinya adalah bagus.Akan tetapi kita akan mendapatkan kata lain yang merupakan devirasi (penyimpangan, yang berbeda) dari kata "jayyid" tersebut, yaitu Al-jaud, Al-jaudah, Al-ijadah, Yajudu, Yujiidu, dan lain sebagainya.Akan tetapi kita tidak menemukan kosa kata lain yang berasal dari kata "good".
     Bahasa Arab juga memiliki sinonim yang menakjubkan.Muhammad bin Ya'qub, pengarang kamus al-muhiit, menerangkan bahwa ada kurang lebih 1000 kosa kata yang menunjuk kemakna pedang dan ada 5644 kosa kata yang menunjuk ke makna unta dan keadaan keadaannya.
     Karena luasnya padanan bahasa Arab, maka nggak jarang bahasa lainpun meminjam kosakata dari bahasa Arab.Misalnya kata sugar dalam bahasa Inggris ternyata diserap dari bahasa Arab sukkar, kata cotton berasal dari qutn.Kosakata bahasa Arab yang diserap oleh bahasa Spanyol bahkan lebih banyak lagi.Selain Inggris dan Spanyol, bahasa lain yang menyerap bahasa Arab diantaranya bahasa Prancis, Portugis, Swahili, dll.
    Keajaiban lainnya, setiap huruf dalam bahasa Arab mempunyai arti tersendiri seperti huruf kha' yang mempunyai konotasi kepada segala sesuatu yang tidak disukai atau dihindari, seperti dalam kata al-khauf (ketakutan), al-khajal (malu), al khiyanah (pengkhianatan), dll.
    Dan masih banyak lagi kejaiban-keajaiban dari bahasa Arab yang belum tertulis disini..,pokonya bahasa amazing deh.. maka cintailah bahasa Arab..,dan satu hal lagi bahasa Arab juga bahasa syurga loh... :)

0 komentar:

Posting Komentar